Uncategorized

Ingat Lima Perkara, Sebelum Lima Perkara

sehat sebelum sakit

ah iya, perkara ini paling sering kulupa secara tidak kusadari. Makan telat, tidak teratur, makan tidak sehat, dan satu lagi, kehilafan berulangkali ketika hawa sedang panas, minum es. Minum es adalah kenikmatan sesaat bagiku, dan mungkin juga bagi sesamaku. 

muda sebelum tua

Di setiap tarikan dan hembusan nafas, di setiap itu pula Allah telah mengurangi jatah usiaku. Namun, seringkali kealpaan menguasai alam bawah sadar, sehingga seringkali mengkhianati waktu dan berpaling dari amanah sebagai manusia, hamba-Nya. 

kaya sebelum miskin

Halo, Valina. Bulan ini sudah menabungkah kamu? Sudah, tapi mengalami penurunan. Hey, satu hal, kaya dan miskin di sini tak melulu soal uang. Ilmu. Ya, Ilmu. Demi masa yang masih diberikan-Nya padamu sebuah kesempatan, jangan terlena oleh kelelahan sesaat. Ya, aku percaya dengan kata lelah, tapi jangan terlena. Segera bangkit, selagi mampu berjalan cepat, maka lakukanlah, raihlah segala ilmu kehidupan yang melo-melo di depanmu namun tak kau sadari. Ingat kan, setahun lalu, sewaktu Pak Ahmad Chusairi berargumen, 

“Ya, masak kalian kalah sama kucing? Kalian begini saja sudah mudah mengeluh.  Kucing itu sendirian, cari makan sendiri, itu pun belum tentu dapat, tapi tetap berjalan di jalan setapak, menyebrang jalan melawan maut yang bisa saja datang menghampirinya. Jangan kalah sama kucing”

-Ahmad Chusairi, Dosen Psikologi Unair

lapang sebelum sempit

selagi Allah masih memberikan kesempatan bagi manusia untuk mengejar impian, maka eksekusilah mimpi-mimpi itu dengan ikhtiar, sabar, dan tawakkal. Semoga dengan hati yang bersih, Allah selalu melapangkan hati kita🙂 berat? Allah tidak memanjakan kita dengan segala kemudahan, Allah menguji kita dengan kesabaran, dan janji Allah bahwa segala sesuatu ujian yang hadir dalam lembar kehidupan kita tentu sesuai dengan kemampuan kita, jadi, sebisa mungkin, dari sekarang, yuk sama-sama belajar mengurangi keluhan-keluhan yang tidak berguna, dan berusahalah secara optimal! :’)

Hidup sebelum mati

masih perlukah penjelasan bahwa janji Allah tentang kematian nyata adanya? 

 

Gresik, 10 Maret 2013

dalam nafas yang mulai teratur, alhamdulillah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s