Uncategorized

Untukmu, Yanda Yanika Putri Manurung :’)

Please don’t let this feeling end

Its everything I am
Everything I want to be
I can see what’s mine now
Finding out what’s true
Since I found you
Looking through the eyes of love
Now I can take the time
I can see my life as it comes up shining now
Reaching out to touch you
I can feel so much
Since I found you
Looking through the eyes of love
And now I do believe
That even in the storm well find some light
Knowing you’re beside me
Im all right
Please don’t let this feeling end
It might not come again
And I want to remember
How it feels to touch you
How I feel so much
Since I found you
Looking through the eyes of love

Looking through the eyes of love-Nikka Costa

setelah sekian lama menanti, akhirnya, aku bisa mencoba melukiskan cerita kita..

Berawal dari perjumpaan saat tes toefl di Pinlabs Unair, dia menyapaku dan mengiraku mahasiswa baru jurusan kedokteran. Yahahaha. Wajah-wajah anak FK ya? Kami pun berbagi cerita, tapi saya lebih banyak mendengarkan kisahnya yang begitu menarik. . Gadis rantau asal tanah batak, ya, ya kamu, Yanda Yanika Putri Manurung..🙂

image

Mengenalmu, adalah anugerah..

Yanda ingat, Yanda bantu Valin cari kos-kosan di Gubeng Airlangga. Terima kasih Yanda, Allah telah mengirimkan malaikat manis di samping Valin di saat yang tepat. Kita, yang semakin lama semakin dekat, semakin akrab, kemana-mana selalu bersama, buka bersama Psikolas juga duduk semeja, ikutan acara di SKI juga sama-sama, tapi ada suatu hari Yanda sakit, jadi ngga bisa ikut acara KAMMI Airlangga di FK Unair. Hehe. SMS pertama dari Yanda yang membuat Valin terharu adalah, sms yang menyatakan bahwa Yanda merasa sangat berarti ketika Valin datang ke kosan Yanda, menanyakan kondisi Yanda, Yanda seneng Valin perhatian sama Yanda.

Padahal, di saat itu pula, pertama kali Valin merasa sangat dekat, sangat dekat dengan Yanda, dan berharap pada Allah, semoga Yanda bisa jadi sahabat Valin, di sini, di Psikologi Unair.. :’)


Masa-masa pengukuhan. Lagi-lagi kita runtang-runtung bareng-bareng. Bahkan banyak teman-teman psikologi yang mengatakan kita kembar, keman-mana selalu bersama. Hehehe. Inget ngga Yan? Valin nangis waktu pengukuhan karena denger lagu “Looking Through The Eyes of Love”? :’) Waktu itu perasaan Valin campur aduk, antara haru, antara keinget Ibu sama Bapak Valin, keinget Mbak, dan keinget impian Valin saat itu hingga Valin duduk di Auditorium Kampus C, Allah benar-benar memberikan jalan yang manis buat Valin. Maaf ya Yanda, mungkin untuk pertama kalinya Yanda mengenal Valin sebagai sosok yang agak alay, tapi begitulah Valin yang sangat menghargai jejak :’)

image

dan bahagianya adalah, di semester tiga, kita duet lagu itu di kamar Valin, satu lagi sosok yang teringat saat mendengar lagu ini, Yanda :’)

waktu terus berjalan mengendap-endap, dan Valin semakin menikmati keakraban kita, sampai akhirnya kita saling berbagi kisah, tak jarang air mata mengalir satu sama lain, tentang perjuangan Yanda di masa-masa SMA, tentang ikhtiar dan ketegaran Yanda hingga sampai di sini, Psikologi Unair, Surabaya, tentang keluarga, tentang geng delapan Yanda, semuanya terekam baik dalam ingatan Valin, dan Valin semakin kagum dan jujur Yan, Valin ngefan sama Yanda :’)

Masa-masa kuliahpun dimulai. Hihi. Mulai ketahuan deh, sisi lain Valin yang Yanda ngga tahu…

“Kamu tuh ceroboh ya, Lin”

iya, itu kata-kata yang Yanda ucapkan waktu dompet Valin jatuh di jalan, alhamdulillah ditemukan sama Mufqi Ryan, maba Psikologi juga. Hehehe.  

Sebenarnya Allah sudah memperingatkan Valin lewat tragedi dompet jatuh itu ya, tapi ternyata Valin masih kurang hati-hati. Masih ingat kan kisah segala isi tas biru Valin yang lenyap di Masjid? Hehehe. Laptop, dompet, HP, uang kos, semuanya lenyap menyisakan tas biru itu. Mungkin sang pelaku tahu ya kalau tas biru itu hadia ulang tahun ke -17 dari Ibu dan Ayah Valin, jadi ditinggal hehehe. Valin mulai tenang ketika Yanda peluk Valin erat-erat, sambil membisikkan lafadz istighfar di telinga Valin, Valin merasa tenang sekali Yand, seperti dipeluk sama kakak sendiri. :’) Terima kasih Yanda, sudah bantu banyak, mulai dari mengantar Valin ke kosan, mengabarkan ke ketua SD kalau Valin tidak bisa ikut Pra-SD hari kedua karena harus pulang ke Gresik,  terima kasih atas postingan di FB kalau Yanda pingin lihat Valin tersenyum di hari senin, :’) Yanda, Valin semakin merasa berarti… :’)

Hari demi hari, selalu bersama, dibilang anak kembar, sekelas untuk semua mata kuliah, sekelompok, sekelompok pengajian, hehe. 

dalam setiap perjalanan, pastilah kita menemukan rintangan, ujian, untuk menguji seberapa kuatkah kita, 

ya, untuk menguji seberapa kuatkah rasa sayang diantara kita…

dan rintangan itu nyata adanya, Yanda…

Entah, mungkin karena Valin yang klemar-klemer, gampang lesu, jadi tiap jalan bareng sama Yanda dan Nisa’, Valin selalu paling lambat, maaf ya Yanda.. :’)

Valin yakin bukan alasan sepele macam alasan di atas ini yang membuat kita tiba-tiba menjauh, semakin lama semakin menjauh… bahkan awal oktober 2011, Valin merasa sangat jauh dari Yanda, mungkin salah satu alasannya, karena salah paham. Ah iya, soal Valin memilih menempatkan diri di perkusi+nyanyi dalam serangkaian SD-PC, tidak memilih bergabung bersama Yanda di musikalisasi puisi bersama Yanda, sebenarnya Valin takut kalau Yanda bosen sama Valin, Valin takut bikin salah, ah, Yanda paling tahu lah ya, Valin di masa-masa itu sangat takut banyak hal, termasuk takut kehilangan orang baik seperti Yanda…

bukan, bukan ini juga sih yang membuat kita jauh, Yand… :’)

image

foto ini, hehehe.. kita masih jauh-jauhan lho :’)

Meskipun kondisi membuat kita merasa jauh, tapi Valin seneng Yanda mau dateng waktu Valin ngajak Yanda makan bareng sama temen-temen waktu milad Valin yang ke-19, 27 Oktober 2011. Terimakasih Yanda :’)

image

Yanda, waktu kita jauh-jauhan, maaf ya GR, tapi Valin merasa bahwa kita tetep sama-sama saling perhatian kok, waktu Valin ketemu Yanda sama Fahima di kampus C, Yanda seneng banget motret-motret, Yanda ketawa lepas, Valin seneng banget melihat Yanda dari jauh. Hehehe. Dan Valin yakin, Yanda juga ngeliatin Valin dari jauh… GR banget, :’)

Yanda, terima kasih ya. Yanda inget ngga, waktu presentasi Sejarah Aliran Psikologi, Valin berusaha memberikan yang terbaik, Valin belajar presentasi di depan cermin sambil memegang poster yang Yanda buat. Maafin Valin yang ngga jago nggambar, ngga bisa bantu bikin poster, Valin cuma bisa bantu buat makalah, dan satu-satunya kesempatan untuk memberikan yang terbaik adalah memaksimalkan saat presentasi. Hehehe. Valin berusaha keras supaya presentasi ‘Maslow’ kita sukses. dan alhamdulillah lancar, Valin lega ngga bikin Yanda kecewa :’) 

Dan pada suatu hari… ketika mencapai garis finish rintangan itu, dan kita kembali membuka sekat-sekat yang membatasi hati kita selama dua bulan terakhir…

Proyek muktamar SKI 2011 membuat kita lemburan dan Yanda tidur di kosan Valin. Hehehe. Senang, sekali. Valin seperti menemukan sosok Yanda yang begitu hangat, begitu dekat, begitu akrab. Kita ketawa ketiwi sambil melihat sedang chatting fb dengan siapa di tanggal 24 desember 2011. Hehehe :’) Yanda, entah kenapa waktu itu Valin ngga berani bilang, Valin kangen Yanda. Valin seneng Yanda tidur di kosan Valin. dan rasa bersyukur itu hanya mampu terucap pelan dan diisyaratkan melalui senyuman Valin yang Yanda akhirnya curiga, 

“kenapa senyum-senyum macem gitu, Lin?”


bukan aku, bukan kamu, kita kembali :’)

ya, kita kembali bersama. Kembali berbagi cerita, mulai dari soal ujian Sapsi yang super susah, dilanjut soal organisasi, dan masalah pribadi, kita kembali akrab, kembali dekat, kembali menyatu. Sampai pada suatu ketika, Valin pindah kosan, dan Yanda juga pindah kosan. Yap, kita satu kos. satu atap. Eh ciyeee…. :’)

Yanda, masih inget percakapan kita waktu di kamar Valin yang sekarang jadi kamarnya Tifa? Waktu Yanda minta maaf, sebenernya Valin sama sekali tidak ingin mendengar kata maaf dari Yanda, sama sekali tidak ingin. Yanda kembali dengan hati yang tulus, sudah anugerah yang luar biasa buat Valin. Toh, waktu itu hanya salah paham. Maafkan Valin juga yang tidak berani cerita semuanya ke Yanda, waktu itu Valin juga salah sama Yanda. Maafin Valin ya Yanda… :’) Habis kita maaf-maafan itu, Yanda izin sholat, dan Valin menangis terharu sampe tugas statistika Valin basah. hihihi :’) terharu banget Yan :’)


“Valin, inget ngga? Waktu semester satu Yanda pernah bilang Yanda bosen sekelas terus sama Valin? akhirnya bener deh, semester dua ini kita cuman satu mata kuliah aja yang sekelas, Yanda jadi merasa bersalah nih. hiks…”

-Yanda Yanika Putri Manurung, maret 2013


Yanda, Valin juga sedih, banyak nggak sekelas sama Yanda. Tapi, mungkin memang begitu cara Allah. Terkadang kita butuh spasi untuk sama-sama bermuhasabah, sama-sama mengoreksi diri, dan belajar memperbaiki diri lewat jarak :’) 

dan benar, jalan Allah selalu indah bukan? kita dipertemukan kembali dalam hati yang ikhlas, insyaAllah.. :’)

Jejak demi jejak yang terangkai tentunya dengan skenario indah Yang Maha Kuasa, membuat kita semakin lekat. Kita belajar bareng, apalagi kalau sudah UTS UAS, lemburan bersama, kalau ngga di kamar Yanda, ya di kamar Nurul. Valin jadi ngga ngantuk deh. hehehehe🙂

atau saat-saat romantis di Pantai Kenjeran, waktu Yanda, Wanda, Nurul, Valin  sama-sama meneriakkan nama orang yang … yang apa ya? hahahaha. 

image

image

image

Yanika, sulung yang selalu dibanggakan Mama dan Papa Yanda…

terima kasih sudah bersedia ikut di acara festival muslimah, terimakasih sudah mau ikutan lomba nasyid, hihihi :’) alhamdulillah ya, perjuangan kita latihan nasyid, mengganggu penghuni kosan, berbuah manis.😀

image

Terima kasih juga, atas kerja keras dan kebersamaan waktu lomba Jingle Airlangga, maafkan Valin yang sering bikin Yanda sebel waktu latihan, maafkan ya Yanda… :’)

image

image

image

image

Terima kasih Yanda…

atas penerimaan Yanda terhadap Valin yang gampang sakit ini,

nada bicara Yanda yang super keibuan waktu nanya, “Valin mau makan apa? Mau Yanda bikinin teh hangat ya? Istirahat lah Valin…” 

termasuk waktu kelas DMP, hari senin kemarin waktu Valin nangis habis dari dokter, Valin duduk sendirian, tiba-tiba Yanda datang menepuk pundak Valin, 

“masih kerasa sakit kah, Valin?”

ah, Yanda… :’)

Terimakasih, dari Yanda, Valin banyak belajar untuk pantang menyerah, pantang nangis, tegar, dan selalu bersemangat..

terimakasih sudah menjadi seperti saudara sendiri buat Valin..

terimakasih untuk doa dan puk puk free yang sering Yanda berikan buat Valin :’)

Kita, bersama teman-teman mengukir kebersamaan di puncak Bromo, what a sweet moment with you, Yanda… :’)

image

yanda semangat banget :’)

Dear Yanda…

Maafin Valin, waktu Yanda sakit di RS Husada Utama, Valin malah gemeter dan ketakutan waktu Yanda menggigil jadi salah tingkah terus, maafin Valin, waktu Yanda sakit malah bikin kamar Yanda rame, Valin cuman ngga mau situasi kamar jadi mengharu biru, meskipun sakit harus tetep smile kan Yand?  Hehehe, jadilah Valin dan Wanda atraksi ‘satu atau dua’ :p

Yanda, dengan segala puji pada Allah…

Alhamdulilllah, terima kasih padamu ya Allah, yang telah mempertemukan Valin dengan Yanda, di 10 Juli 2011 :’), 

mengirim sosok Yanda untuk jadi sahabat karib Valin,

menyusun skenario yang begitu manis, 

betapa berartinya spasi bagi kami, 

masih ingat kan dengan kata-kata ini…

image

Dear Yanda, kakakku, maafin Valin ya Yanda… Maafkan Valin yang sering banget ngerepotin Yanda, maaf banget sering buat Yanda terlambat masuk kuliah cuman gara-gara nunggu Valin, maafin Valin yang sering lupa naruh kunci waktu awal-awal pindah kosan, maafin Valin yang cengeng ini, dan maaf juga untuk cerita-cerita yang membuat Yanda sedih, termasuk tragedi Pizza Hut. :’) Yanda, jangan trauma ya makan disana, kapan-kapan kita harus makan disana dengan kondisi yang bahagia, Yand. HARUS. :’)

image

Barakallahu fi umrik, Yanda Yanika Putri Manurung…

ada satu doa khusus untuk orang-orang tersayang di usia ke dua puluh satu :’)
semoga di usia 21, Yanda semakin dilapangkan oleh Allah, sesuai dengan asmaul husna ke 21, :’) Hehehe. 

selamat menjemput impian, yanda…

selamat mengeksekusi segala impian dengan sebaik-baiknya ikhtiar…

semoga menjadi insan yang bermanfaat, 

semakin cantik dan jadi psikolog sholehah..

semakin berbakti pada Mama dan Papa :’)

semakin baik dalam segala hal yang positif,

dan… akhir yang husnul khotimah, aamiin..

Valin sayang Yanda…uhibbuki fillah :*

image

Surabaya, 5 Maret 2013

dalam kos-kosan, tulisan yang sempat pending karena laptopnya dipinjem Yanda buat ngerjain tugas :”D dan ditodong dengan pertanyaan, “Valin, kamu lagi tumblr-an ya? hahaha”

-Valina Khiarin Nisa, Mbah Nilo-mu, Yand :))

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s