Uncategorized

Berbagi Mimpi #2

Di Edisi berbagi mimpi ini, saya ingin sedikit cerita mengenai kesukaan saya dengan sebuah benda bernama ‘buku’ :) 

Saya, bukan orang yang bisa tahan banget baca buku. Tapi, saya cukup suka baca buku, meskipun saya sadar, agak telat juga sih. Kakak saya, suka baca majalah bobo sejak beliau TK, saat itu saya cuman suka lihat gambar-gambarnya saja. Hahaha. Dan itu kebablasan sampai saya SD. Seinget saya, saya lebih suka cerita bergambar gitu, kalau enggak, buka-buka bagian puisi, terus dibikin lagu😀

Tapi, waktu kelas 5 SD, mbak Anin kelas 2 SMP, Orang Tua saya membelikan novel islami, haha.. inget banget deh, judulnya “Cinta Itu Bukan Virus”. Itu adalah novel remaja islami pertama yang saya baca. Cukup bagus isinya, tapi nggak terlalu ngena ke hati saya. Ahaha. Kesalahan juga sih, kan saya belum remaja, masih 10 tahun, jadi nggak terlalu ngeuh sama bahasannya. xD. Nah, memasuki usia SMP, masa-masa awal pubertas, ciyeeh, entah bagaimana cerita, saya mulai menyukai novel-novel remaja Islami. Dua novel favorit saya jaman SMP itu.. “Hot Chocolate Love” karya Annisa Win Salsabila, dan “Daffa Loves Inka”. ada satu qoute di novel Hot Chocolate Love yang saya (sepertinya mbak saya juga suka, karena jadi profilnya di friendster, multiply nya dia xD)

“Mana mungkin aku menolak kedatanganmu, sementara namamu telah datang sebelum aku menarik nafas pertamaku…”

-Annisa Win Salsabila, dalam Hot Chocolate Love

Dan di kehidupan kuliah ini… Psikologi. Dinamika kuliah di Psikologi Universitas Airlangga membuat saya semakin harus rajin membaca. Hehehe. Pengaruh teman-teman juga. Teman-teman diskusi seperti keluarga linyu (liqo unyu), teman-teman UPP, teman-teman kuliah, mas Bagus, mas Lukman, mas Dwi, Mbak Ana, Mbas Asti, dan semua sosok-sosok yang tidak bisa saya sebutkan satu demi satu telah mempengaruhi saya untuk membaca buku. how can you shoot a right argument if you read nothing. Iya ngga sih?🙂

Meskipun saya sadari sih, kemampuan saya untuk berargumentasi itu masih sangat lemah, taraf beginner :))

Oh ya..

Kalau boleh flashback lebih jauh, ternyata Mama dan Bapak saya, sudah memberikan berbagai macam stimulus pada anak-anaknya untuk rajin membaca. Terutama Bapak, yang mempunyai berbagai buku, mulai dari Fiqh Islam, tanya jawab Islam, buku-buku karangan Buya Hamka, Amien Rais, Emha Ainun Najib, Ust Yusuf Mansur, Dr. Quraish Shihab, dan masih banyak lagi, tertata rapi (tapi kadang juga tidak rapi) di lemari buku kami😀

Sejak kecil, ternyata Bapak jadi role model, setiap setelah shubuh tilawah, membaca buku-buku yang beliau beli, kemudian menyampaikan isinya pada kami (Mama, Mbak Anin, saya) di waktu-waktu tertentu. Setiap bulan selalu meluangkan waktu mengajak mbak dan saya ke toko buku, hehehe. Mungkin, ini salah satu sebab mengapa saya betaaah banget kalau di toko buku. Kemanapun jenis mall yang kukunjungi (atau kupaksa kukunjungi), tetap saja toko buku selalu jadi destinasi terlama. xD. Nah, biasanya yang jadi sasaran saya itu buku-bukunya Ust. Salim A. Fillah, ust. Felix Siauw, Tere Liye, buku-buku Psikologi, Rene Suhardono, ust. Fauzil Adhim, dan berbagai jenis buku motivasi serta keluarga dari sudut pandang islam.🙂 Anw, novel juga :p  

Kesenangan saya dalam membaca buku memunculkan sebuah misi, yaitu menularkan ke teman-teman yang lain.🙂 Gimana caranya? Saya suka banget kalau bisa berbagi buku dengan sahabat-sahabat saya. Harapan saya, dengan berbagi buku akan jadi salah satu ladang ilmu buat saya dan mereka,😀 hehehe. Itulah sebab saya, kenapa saya lebih memilih ngado buku ke sahabat-sahabat saya😀  eits, bukan berarti yang belum pernah dapet buku dari saya bukan sahabat saya loh yaaa :) 

Alhamdulillaah, makasih Mamah, Bapak, di kemudian hari, saya ingin memiliki sebuah ruangan berisi kumpulan buku milik saya dan milik pasangan saya kelak. Seperti seru ya, jika bisa membuat perpustakaan mini, atau bisa membuat buku seperti mbak Hanum dan mas Rangga?🙂 Hihihi. Iya, ini salah satu impianku. Bagaimana denganmu?🙂

 

-Valina Khiarin Nisa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s